Sabtu, 02 September 2017

SERI BUMI DATAR? - BAGIAN 33: BELAJAR DARI GANGGUAN SATELIT

Di akhir pekan minggu lalu kita disuguhkan berita adanya ribuan mesin ATM yang mengalami gangguan berupa offline dari beberapa Bank ternama sebut saja BCA, Mandiri dan bank-bank lain. Hingga hari ini pun beberapa media online dan surat kabar masih ada yang memberitakannya.  Penyebab gangguan mesin ATM itu ternyata adalah terjadinya anomali Satelit Telkom-1.  Ribuan mesin ATM itu ternyata menggunakan jasa layanan satelit Telkom-1 untuk terhubung ke jaringan.  Silakan lihat salah satu beritanya di sini.

Adanya kejadian ini tentu amat berharga bagi kita bukan hanya sekedar informasi tapi juga sekaligus modal kita untuk memahami bagaimana satelit bekerja  dan apa kegunaannya.  Pada seri ke-7 Satelit Membuktikan Bumi Berotasi, sudah saya bahas.  Di seri ke-13 Meluruskan Kekeliruan Pemahaman Gravitasi dijelaskan bagaimana satelit yang sudah mengorbit tidak memerlukan bahan bakar.  Pada seri ke-15 Ayo Kita Belajar Lagi dijelaskan bagaimana cara mengorbitkan benda.  Silakan dipelajari, semoga bermanfaat.

Teori konspirasi yang selalu didoktrinkan oleh penggemar bumi datar menyebutkan bahwa satelit adalah kebohongan untuk tujuan bisnis negara adi kuasa.  Kalau dibilang bisnis memang benar, beberapa satelit digunakan untuk bisnis.  Tapi jika dibilang kebohongan negara adi kuasa, tentu kita bisa menilai bahwa teori ini sungguh ngawur.  Saat ini satelit bukan hanya monopoli negara adi kuasa saja, misalnya negara India sudah mampu membuat dan mengorbitkan satelit sendiri, bangsa Indonesia pun sudah bisa membuat satelit sendiri.  

Dari sisi manfaat adanya satelit pun hampir semua orang sudah bisa merasakannya mulai dari siaran TV, GPS, prakiraan cuaca, hingga mesin ATM.  Dan ketika satelit mengalami gangguan tentu akan terjadi dampak terhadap manfaat satelit tersebut.  Contoh nyata yang saat ini terjadi adalah gangguan ribuan mesin ATM akibat anomali satelit Telkom-1.  Dan tentunya akal waras kita pun akan mengatakan bahwa satelit memang benar ada.

Tentu kita sudah faham bahwa untuk bisa terhubung ke jaringan ada 2 metode yaitu dengan kabel dan tanpa kabel.  Hubungan dengan kabel bisa menggunakan kabel tembaga dan kabel optik.  Sementara hubungan tanpa kabel bisa melalui gelombang elektromagnetik dengan berbagai macam protokolnya.  Sebagian mesin ATM ada yang menggunakan kabel baik tembaga maupun optik untuk koneksinya dan sebagian menggunakan komunikasi dengan satelit.

Pemilihan penggunaan kabel atau satelit pada mesin ATM bergantung pada kondisi di lapangan.  Untuk mesin ATM mobile biasanya menggunakan komunikasi dengan satelit. Untuk mesin ATM yang tidak berpindah bisa menggunakan kabel dan bisa juga satelit.  Keuntungan menggunakan komunikasi dengan satelit adalah jangkauan yang luas, bisa di manapun selama masih terjangkau satelit.  Sedangkan bila menggunakan kabel tentu harus dipastikan bahwa di lokasi tersebut sudah ada jaringan kabel.

Tentu kita masih ingat saat Bank Rakyat Indonsia (BRI) meluncurkan satelitnya yang bernama BRISat.  BRI adalah bank pertama di Indonesia yang memiliki satelit sendiri.  Dengan memiliki satelit sendiri BRI lebih leluasa untuk memperluas jaringan sampai daerah-daerah terpencil yang masih jauh dari jangkauan kabel.  Sebelumnya BRI menyewa satelit lain.

Mulai sekarang mari kita buka wawasan bahwa mata yang bekerja secara optik bukanlah satu-satunya cara untuk memastikan keberadaan benda.  Banyak cara bisa dilakukan untuk memastikan keberadaan suatu benda atau objek.  Misalnya USG pada ibu hamil dapat mendeteksi jenis kelamin bayi, RADAR mampu mendeteksi pesawat di angkasa, tim observasi pertambangan tidak perlu masuk ke dalam bumi untuk menentukan kandungan minyak dsb.  Artinya bisa saja sebuah benda tidak terlihat oleh mata namun benda tersebut benar ada.  

Untuk mendeteksi keberadaan satelit  yang sedang mengorbit mungkin agak sulit dengan mata.  Namun bukan berarti tidak bisa.  Sejak beberapa tahun yang lalu sudah banyak orang yang bisa melihat satelit LOW Orbit dan ada yang menuliskan pengalamannya di internet.

Andaikan belum ada orang yang mengaku bisa melihat satelitpun sebenarnya keberadaan satelit bisa dideteksi dari Stasiun Bumi pengendali satelit.   Di stasiun Bumi lah satelit dimonitor posisinya dan dikoreksi bila  melenceng.  Seperti kasus satelit Telkom-1 yang mengalami anomali, saat ini sedang dilakukan perbaikan.  Tentu saja dari Stasiun Bumi.

Cara lain untuk memastikan keberadaan satelit adalah dari fungsinya, misalnya fungsi GPS. Beberapa perangkat elektronik ada yang memiliki fungsi GPS, misalnya SmartPhone, GPS tracker, GPS Navigasi, Kamera Digital dsb.  Untuk bisa terhubung ke satelit, perangkat tersebut harus disematkan modul GPS.  Melalui modul GPS inilah pemilik satelit mendapat keuntungan. Inilah sisi bisnis dari satelit.   Gambar berikut adalah contoh modul GPS.


Prinsip kerja modul GPS yang disematkan pada perangkat elektronik tersebut adalah berkomunikasi dengan beberapa satelit GPS untuk mendapatkan koordinat astronomi bujur dan lintang yang menunjukkan lokasi di mana modul GPS itu berada.  Pemanfaatan satelit GPS ini biasanya gratis karena pengguna perangkat sudah membayarnya pertama kali saat membeli perangkat yang di dalamnya tersemat modul GPS. 

Saat ini sistem deteksi lokasi global tidak hanya GPS milik Amerika, beberapa negara memiliki sistem dan satelit sendiri misalnya GLONASS dari Rusia, Beidou dari China, Galileo dari Uni Eropa, IRNSS dari India. Mereka sedang bersaing memperebutkan pangsa pasar.  Smartphone yang sekarang beredar di pasar Indonesia sudah banyak yang menggunakan GLONASS.

Mari kita pelajari bagaimana cara kerja beberapa perangkat yang memilki fungsi GPS.


Smartphone atau HP

GPS pada HP biasanya digunakan untuk menunjukkan lokasi di mana HP berada.  Beberapa aplikasi kadang meminta fungsi GPS diaktifkan misalnya aplikasi Ojek Online.  GPS pada HP juga bisa digunakan untuk navigasi yaitu memandu perjalanan agar sampai di tujuan.  Bila digunakan untuk navigasi, GPS akan mendeteksi lokasi yaitu koordinat astronomi, lalu koordinat tersebut dipetakan pada peta yang harus terus didownload.  Dalam hal ini HP harus terhubung ke internet untuk bisa mendownload peta. Berikut contoh tampilan GPS pada HP yang digunakan untuk navigasi secara online.



Namun saat ini ada aplikasi navigasi yang offline artinya kita tidak perlu lagi terhubung ke internet saat bernavigasi.  Sebelumnya kita harus  mendowload peta secara komplit terlebih dahulu.  Navigasi Offline tetap bisa digunakan walaupun SIMCard pada HP dilepas atau sama sekali tidak terhubung dengan BTS.  Hanya perlu mengaktifkan fungsi GPS dan menjalankan aplikasi tersebut.  Berikut ini contoh tampilan GPS pada HP yang digunakan untuk navigasi secara offline.



Pendeteksian lokasi pada HP bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu melalui BTS, WI-FI dan Satelit.  Pada awal perkembangannya banyak HP yang hanya mengandalkan sinyal BTS untuk pendeteksian lokasi.  Saat ini sebagian besar  sudah mengandalkan satelit untuk pendeteksian lokasi.

Perbedaan yang sangat mencolok dari penggunaan BTS dan satelit adalah dalam hal akurasi.  Jika mengandalkan sinyal BTS maka tingkat akurasinya sangat rendah, kesalahannya bisa di atas 1 km.  Namun jika mengandalkan satelit kesalahannya hanya dalam orde meter.

GPS Tracker

Fungsi utama GPS tracker adalah untuk melacak posisi perangkat secara real time. GPS tracker biasanya digunakan oleh perusahaan taxi, perusahaan rental mobil, perusahaan ekspedisi dan bisa juga perseorangan.  Perangkat GPS yang diletakkan secara tersembunyi pada kendaraan digunakan untuk memonitor dan melacak posisi kendaraan secara real time.  Tentu ini sangat berguna bagi perusahaan untuk mengurangi kemungkinan kendaraan hilang.

Cara kerja GPS tracker adalah memberikan data lokasi secara terus menerus pada sebuah situs web yang disediakan pembuat perangkat.  Dalam hal ini berarti perangkat harus terhubung ke internet yang tentunya harus dibekali kuota data internet atau bisa juga dengan cara berlangganan internet.  Sebelum digunakan perangkat ini harus disetting agar bisa mengakses alamat web tersebut dan membuat identitas perangkat.
Saat bekerja GPS tracker ini berkomunikasi dengan satelit untuk mendapatkan koordinat astronomi sekaligus mengupdatenya ke web.  Di lain pihak orang yang bertugas memonitor harus membuka web dengan memasukan identitas perangkat tersebut untuk dapat melihat pergerakannya.

Ini salah satu GPS tracker yang banyak digunakan untuk melacak kendaraan.  Tegangan input sudah sesuai dengan tegangan yang biasanya disediakan kendaraan.


Ada juga GPS tracker sederhana yang tidak perlu terhubung ke internet dan ke web.  Cukup hanya menggunakan SMS.  Perangkat akan mengirim SMS yang berisi koordinat astronomi ke HP yang menghubunginya.  Jadi dalam hal ini hanya dibutuhkan SIMCard dengan kuota SMS  atau pulsa biasa.  Walaupun sederhana perangkat ini juga sangat berguna. Bila diletakkan di dalam mobil, posisi mobil akan mudah dideteksi dengan menghubungi nomer yang dimasukan ke perangkat.  Tinggal menunggu SMS balasan saja dari nomer tersebut.  Setelah mendapatkan lokasi lalu kita terapkan ke google map dan posisi mobil akan diketahui.
GPS tracker sederhana ada dua tipe yaitu yang menggunakan BTS dan menggunakan satelit dalam mendeteksi lokasi.  Untuk yang menggunakan BTS sepertinya kurang berguna karena posisi yang didapatkan menyimpang cukup jauh dalam radius km.  Sementara yang menggunakan satelit cukup akurat, kesalahan maksimal hanya dalam orde meter.

Ini beberapa contoh GPS sederhana.  Ada yang menggunakan power supply dari luar, dan juga ada yang memiliki battery sendiri.



Perhatikan komponen yang berwarna pinggiran kuning adalah modul GPS.  Di sebelahnya ada slot untuk SIMCard.

GPS Navigasi

GPS Navigasi umumnya digunakan di kendaraan pribadi untuk memandu perjalanan. GPS navigasi mirip dengan GPS pada HP yang digunakan secara offline seperti yang sudah diterangkan di atas.  Perangkat GPS Navigasi tidak memerlukan SIMCard karena bekerja secara offline.  Data peta sudah disediakan oleh pembuat perangkat yang dimasukan ke dalam memori perangkat.  GPS Navigasi tidak terhubung dengan BTS.

Cara kerja GPS ini adalah berkomunikasi dengan beberapa satelit GPS untuk mendapatkan koordinat astronomi dan memetakannya pada peta dan menampilkannya di monitor.  Pengguna tinggal melihat pergerakannya di monitor.  Peta yang ada di GPS navigasi juga bisa diupgrade.  Ada yang gratis dan ada juga yang harus bayar untuk mengupgradenya.  

Ini ilustrasi penggunaan GPS Navigasi pada kendaraan pribadi.



Kamera Digital

Dalam dunia fotografi fungsi GPS pun sudah disematkan.  Mungkin banyak orang yang belum tahu dan menganggap hal ini tidak penting.  Namun bagi sebagian orang kenangan dalam sebuah foto di samping informasi tanggal juga memerlukan  informasi lokasi foto.

Beberapa tipe dan merk kamera digital baik kamera saku, super zoom, mirror less maupun DSLR saat ini sudah ada yang memiliki fungsi GPS.  Cara kerjanya secara umum sama yaitu berkomunikasi dengan satelit GPS untuk mendapatkan lokasi dan menuliskan data astronomi dalam metadata foto.  Kamera digital tidak menggunakan SIMCard jadi tidak terhubung dengan BTS manapun.

Untuk membuka data informasi dalam foto bisa kita lakukan dengan membuka properties file pada OS windows.  Seperti ini contohnya,


Perhatikan pada bagian GPS di situ ada data Latitude (lintang) dan Longitude (bujur).  Mohon maaf informasi GPS saya blok untuk menjaga kerahasiaan lokasi tepatnya.

Nah sahabat, daripada wawasan kita dipenjara oleh teori konspirasi yang menyatakan satelit adalah kebohongan lebih baik kita mempelajarinya.  Tentu lebih bermanfaat dan semakin menambah wawasan sehingga kita bukan hanya sekedar pengguna tapi mengerti bagaimana teknologi itu bekerja.  Alangkah lucunya ketika kita menikmati teknologi yang menggunakan satelit tetapi kita tetap nyolot mengatakan satelit adalah kebohongan akibat kita tidak mengeri cara kerjanya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

SERI BUMI DATAR?

Bukti Empiris Revolusi Bumi + Pengantar
Bukti Empiris Rotasi Bumi + Pengantar
Bukti Empiris Gravitasi + Pengantar

Seri 43 : Bantahan Cerdas Penganut FE3

Seri 42 : Bantahan Cerdas Penganut FE 2
Seri 41 : Melihat Satelit ISS sedang mengorbit Bumi
Seri 40 : Bantahan Cerdas Penganut FE

Seri 39 : Arah Kiblat Membuktikan Bumi Bulat

Seri 38 : Equation Of Time

Seri 37 : Mengenal Umbra Penumbra dan Sudut Datang Cahaya

Seri 36 : Fase Bulan Bukan Karena Bayangan Bumi
Seri 35 : Percobaan Paling Keliru FE
Seri 34 : Analogi Gravitasi Yang Keliru
Seri 33 : Belajar Dari Gangguan Satelit
Seri 32 : Mengapa Horizon Terlihat Lurus?
Seri 31 : Cara Menghitung Jarak Horizon
Seri 30 : Mengapa Rotasi Bumi Tidak Kita Rasakan
Seri 29 : Observasi Untuk Memahami Bentuk Bumi
Seri 28 : Permukaan Air Melengkung
Seri 27 : Aliran Sungai Amazon
Seri 26 : Komentar dari Sahabat
Seri 25 : Buat Sahabatku (Kisah Kliwon menanggapi surat FE101 untuk Prof. dari LAPAN)
Seri 24 : Bukti Empiris Gravitasi
Seri 23 : Bukti Empiris Revolusi Bumi
Seri 22 : Bukti Empiris Rotasi Bumi
Seri 21 : Sejarah Singkat Manusia Memahami Alam Semesta

Seri 20 : Waktu Shalat 212
Seri 19 : Kecepatan Terminal
Seri 18 : Pasang Surut Air Laut
Seri 17 : Bisakah kita mengukur suhu sinar bulan?
Seri 16 : Refraksi
Seri 15 : Ayo Kita Belajar Lagi
Seri 14 : Perspektif
Seri 13 : Meluruskan Kekeliruan Pemahaman Gravitasi
Seri 12 : Teknik Merasakan Lengkungan Bumi
Seri 11 : Gaya Archimedes terjadi karena gravitasi
Seri 10 : Azimuthal Equidistant
Seri 9 : Ketinggian Matahari pada bumi datar
Seri 8 : Bintang Kutub membuktikan bumi bulat
Seri 7 : Satelit Membuktikan Bumi berotasi
Seri 6 : Rasi Bintang membuktikan bumi berputar dan berkeliling
Seri 5 : Gravitasi membuktikan bumi bulat
Seri 4 : Besi tenggelam dan Gabus terapung
Seri 3 : Gaya gravitasi sementara dirumahkan
Seri 2 : Bola Golf jadi Penantang
Seri 1 : Satelit yang diingkari